Home » » Apakah Fungsi Kulit Kita?

Apakah Fungsi Kulit Kita?

Written By Umi Hs on Sunday, 2 September 2012 | 02:55

Kita dapat merasakan panas dan dinginnya udara karena adanya indra peraba. Kita juga dapat merasakan halus dan kasarnya permukaan benda karena adanya indra peraba. Tahukah kamu apakah indra peraba kita? Indra peraba manusia yaitu berupa kulit.

Mari memerhatikan tubuh kita. Semua bagian tubuh dilapisi oleh kulit. Fungsi utama kulit adalah sebagai indra peraba. Kita dapat membedakan dingin dan panas dengan kulit. Selain itu, kulit juga melindungi tubuh dari kuman penyakit. Kulit juga dapat mengatur suhu tubuh.[1]Caranya dengan mengeluarkan keringat melalui kulit. Saat berolahraga, terjadi pembakaran energi di tubuhmu. Hal ini membuat suhu tubuhmu meningkat. Karena itu, tubuhmu mengeluarkan keringat untuk menurunkan suhu tubuh.Kulit melapisi seluruh tubuh mulai dari kepala hingga ujung kaki.

Kulit memiliki bagian-bagian tertentu. Setiap bagian kulit mempunyai fungsinya masing-masing.

1. Bagian-bagian Kulit

Kulit merupakan lapisan terluar dari tubuh kita. Kulit terdiri atas tiga lapisan, yaitu epidermis, dermis, dan hipodermis.
a.Epidermis.
Epidermis merupakan lapisan terluar dari kulit. Lapisan epidermis tersusun atas kulit ari dan lapisan malpighi. Pada epidermis terdapat saluran keringat, lubang kulit atau pori-pori, dan ujung rambut. Kulit ari merupakan lapisan epidermis terluar. Kulit ari tersusun atas sel-sel terluar dari lapisan malpighi yang telah mati. Kulit ari berfungsi mencegah masuknya bibit-bibit penyakit ke dalam tubuh dan mencegah menguapnya air dari tubuh. Lapisan malpighi berada di sebelah dalam kulit ari. Lapisan ini tersusun atas sel-sel yang aktif membelah diri.
b. Dermis.
Dermis berada di bawah atau di sebelah dalam epidermis. Pada dermis terdapat kelenjar keringat, kelenjar minyak, akar rambut, pembuluh darah, saraf, dan reseptor indra peraba.
c. Hipodermis.
Hipodermis adalah lapisan kulit yang paling dalam. Lapisan ini mengandung banyak jaringan lemak yang berguna untuk menghangatkan tubuh.[2]

2. Cara Kerja Kulit

Rangsang yang dapat diterima kulit berupa sentuhan panas, dingin, tekanan, dan nyeri. Ketika kulit menerima rangsang, rangsang tersebut diterima oleh sel-sel reseptor. Selanjutnya, rangsang akan diteruskan ke otak melalui urat saraf. Oleh otak, rangsang akan diolah. Akibatnya, kita merasakan adanya suatu rangsang. Otak pun memerintahkan tubuh untuk menanggapi rangsang tersebut.

3. Kelainan dan Penyakit pada Kulit

Kulit bisa terkena penyakit jika tidak dirawat. Berikut ini adalah beberapa kelainan atau penyakit yang menyerang kulit.

a. Jerawat
Jerawat disebabkan oleh kurangnya menjaga kebersihan kulit wajah. Jerawat bisa juga disebabkan kurang seimbangnya hormon di dalam tubuh. Biasanya anak yang memasuki usia remaja (pubertas) terdapat jerawat di wajahnya. Hal ini karena adanya perubahan hormon di dalam tubuh. Jerawat tidak hanya tumbuh di wajah. Akan tetapi, jerawat juga bisa tumbuh di bagian tubuh lain, seperti punggung dan leher.

b. Panu dan kadas
Penyakit ini disebabkan oleh jamur yang menginfeksi kulit. Hal ini disebabkan kurangnya menjaga kebersihan kulit. Orang yang jarang mandi atau tidak memakai
pakaian yang bersih mudah terkena penyakit ini.

4. Merawat Kesehatan Kulit


Agar kulit selalu sehat, kulit harus dirawat. Adapun cara menjaga kesehatan kulit adalah sebagai berikut.
a. Mandi paling sedikit dua kali dalam sehari.
b. Memakai pakaian yang bersih setiap setelah mandi.
c. Membersihkan wajah dengan pembersih khusus. Pembersih wajah akan mengangkat kotoran yang menempel pada wajah.
d. Memberikan krim khusus untuk kulit agar kulit senantiasa segar dan tidak kering.
e. Memakan makanan yang bergizi seimbang. Makanan yang mengandung vitamin C dan E baik untuk kulit. Misalnya sayur-sayuran dan buah-buahan.

[1]Sularmi dan M.D. Wijayanti, SAINS Ilmu Pengetahuan Alam, Jakarta, Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional, 2009, hlm. 17
[2]Budi Wahyono dan Setya Nurachmandani, Ilmu Pengetahuan Alam 4, Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional, 2008, hlm. 23

Share this article :

1 comment:

  1. cara kerja lemak dalam menjaga suhu tubuh manusia apa ya?

    ReplyDelete

Hai, terimakasih telah membaca tulisan di atas. Jika ada yang ingin disampaikan jangan ditunda-tunda lagi, mulailah menuliskan tanggapan, pertanyaan, kritik, dan saran Anda sekarang. Terimakasih ;-)

SISWA BERTANYA

BGI RANK

KAMUS B. INDO

IKUTI LEWAT EMAIL

Pembaca Online

 
Support : Copyright © 2011. FRESH CLASS - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template